Home » » Allah Menyayangi Anak Yatim

Allah Menyayangi Anak Yatim


Banyak kisah para janda begitu tegar danperkasa dalam menghadapi hidup dan menghantarkan anak-anaknya menjadi orang yang berhasil. Ini bentuk pertolongan allah tehadap janda dan anak yatim. Dengan syarat, tentunya orang yang ditolong itu brusaha rungguh-sungguh, istiqamah, dan berjalan lurus sesuai dengan aturan Allah SWT. Di samping itu kita juga menyaksikan, ternyata para wanita pun mempunyai kekuatan l;uar biasa yang tak kalah dengan pria. Padahal sering dikatakan wanita adalah makhluk yang lemah. Kalau wanita di tinggal suaminya, kebnyakan kuat menjanda dan membesarkan anak-anaknya. Sebaliknya pria, jarang yang bias bertahan seperti wanita.

Dlam perspektif tuntunan agama islam, sebenarnya yang harus mencukupi kebutuhan para janda dan anak-anaknya adalah penguasa. Tapi karena Negara kita tidak berdasarkan syariat islam, tidak jelas siapa sebenarnya yang bertanggung jawabterhadap para janda dan anak yatim. Betul agama sangat menaganjurkan agar memuliakan anak yatim, mereka yang kehilangan ayah merupakan orang-orang yang harus diperhatikan dan di utamakan, malah rasulullah sangat manganjurkan membantu dan menolong anak yatim. Dan beliau memang sangat menyayangi anak yatim – beliau juga anak yatim, yang di tinggalkan aayahnya dalam usia belia. Banyak sekali ayat yang memberikan pehatian dan keutamaan kepada anak yatim. Dalam surah Al-Baqarah ayat 220

Allah menyuruh kita untuk memperlakukan anak yatim dengan baik seperti saudara sendiri, dan bahkan lebih mengutamakan mereka. Sedangkan dalam ayat lain, seperti yang difirmankan allah dalam surah Ad-Dhuha ayat 9 (93:9), kita dilarang memperlakukan anak yatim secara sewenang. Berkah ank yatim Allah berikan kepada keluarga itu, sehingga mereka berhasil dan menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah. Perjuangan hidup memang membutuhkan ketabahan, kegigihan, dan sikap posotif, karena biasanya perjuangan itu memakan waktu yang lama. Siakap sabr dan berbalik sangka juga sangat penting. Kita lihat bagaimana ibu Fatimah ini dengan begitu tegar menjadi motivator bagi anak-anaknya.
Pertolongan Allah memberikan kepada hamba-hamba yang secara tekun dan konsisten menjaga hubungan dengannnya dan memohon serta meminta tolong hanya kepada-Nya. Demikian penjelasan Habib Salim bin umar Al-Hamid, Pengasuh MT Darul Muchtar, Condet, Jakarta Timur.


Sumber Gambar: Google Image

1 comments:

  1. Negara ini terdiri dari 80 persen umat musLim, tp penerapan seperti yg disampaikan si atas bLm seutuhnya tereaLisasikan.
    jadi jangan tunggu Lagi pengertian dr mereka (pejabat-red), kita muLai dari diri kita sendiri untuk mengikuti ajaran dari pedoman kita (Al-Qur'an & Hadits).

    ReplyDelete