Home » » Bersahabatlah Dengan Mata

Bersahabatlah Dengan Mata

Semua orang tahu bahwa mata indera penglihat. Bentuk bola mata kita seperti bola bekel atau bola pingpong. Diameternya lebih kurang 2 cm. yang merupakan salah satu indera yang tak ternilai harganya dan saya menyadari itu karena sekarang mengalami penyakit Rabun jauh (MIOPI) yaitu ketidak mampuan untuk melihat benda yang jauh dengan jelas. Dan mengakibatkan saya harus memakai kaca mata berlensa minus dan pengalaman tak terlupakan saat saya sekolah dan di kelas pada saat itu ibu guru sedang memberi ulangan harian bahasa indonesia yang di tulis pada papan tulis berjarak 3 meter dari tempat ku duduk yang dimana saat itu saya belum memakai kaca mata, sehingga ada beberapa soal yang seharusnya di kerjakan malah tadak saya jawab Karena penglihatan tidak jelas itulah sehingga membuat nilai hanya memenuhi standar ,saat itulah saya menyesali masa-masa dulu dimana saya tidak merawat mata dengan baik. dan mungkin itulah cobaan dari yang maha kuasa agar saya lebih mendekatkan diri kepadanya dan bagi yang belum mengalaminya terutama kalian yang masih menuntut ilmu dan masih dini jagalah mata kalian dengan sebaik mungkin dan bersahabatlah dengan mata sebelum hal buruk menghampirinya.

Dengan cara mengetahui cara kerja mata mungkin bisa membantu kalian semua yaitu
Mata bekerja saat menerima cahaya. Tanpa cahaya, mata tidak dapat menjalankan fungsinya. Cahaya memasuki mata melalui pupil. Lensa mata mengarahkan cahaya sehingga bayangan benda jatuh pada retina. Kemudian ujung-ujung saraf penerima yang ada di retina menyampaikan bayangan benda itu ke otak. Setelah di proses di otak, kita dapat melihat sesuatu benda.

menjaga kesehatan mata
Mata penting bagi kehidupan keseharian kita. Karena mata memiliki bagian–bagian yang amat sensitif (peka) terhadap benda asing. Yang tentu saja bagian itu mudah terluka berikut ini dalah berbagai macam jenis kelainan dan penyakit yang menyerang mata: MIOPI (Rabun Jauh), HIPERMETROPI (Rabun Dekat), PRESBIOPI (Mata Tua), RABUN SENJA, BUTA WARNA, META MERAH, KATARAK. Untuk pengertiannya lebih lengkap tentang kalainan mata cari sendiri

Dan inilah cara untuk mencegah penyakit atau kelainan mata :
1. Jagalah kebersihan mata, sehingga tidak kemsukan kotoran.
2. Lindungi mata jika berada di tempat yang berdebu dan berasap
3. Segera tetesi mata dengan obat tetes mata. Hal ini akan dapat membuat kotoran terdorong keluar.
4. Makanlah makanan yang mengandung vitamin A,yang baik untuk kesehatan mata
5. biasakan membeca buku dengan jarak ± 30 cm dan dengan penerangan yang cukup.
6. Periksakan diri ke dokter mata jika anda mulai tidak mampu melihat dengan baik. Apalagi bila di sertai dengan pusing atau sakit kepala. Jika tidak segera berobat, mata dapat mengalami gangguan yang lebih parah.

Semoga berfaat bagi anda semua, pembaca
By : MujibRX

1 comments:

  1. Thx ya bro udah kasih tahu
    tentang perwatan mata ... :)

    ReplyDelete